Retno Novia, 140201080 (2018) Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
RETNO NOVIAasaaaaaa.pdf
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru menggunakan variasi metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar mata pelajaran SKI. Guru di MAN 1 Aceh Besar lebih sering menggunakan dua metode saat mengajar mata pelajaran SKI yaitu metode ceramah dan juga metode diskusi. Hal ini berpengaruh terhadap siswa yang cenderung tidak menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah maupun metode diskusi, ini juga akan berakibat pada hasil belajar yang akan dicapai siswa nantinya. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode sosiodrama. Adapun metode sosiodrama ini merupakan metode pembelajaran yang siswanya dapat mendramatisasikan tingkah laku, atau ungkapan gerak-gerik wajah seseorang dalam hubungan sosial antar manusia. Rumusan masalah pada Penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas X di MAN 1 Aceh Besar, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik kelas X di MAN 1 Aceh Besar. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan dengan soal tes. Kemudian data observasi guru dan siswa dianalisis menggunakan rumus presentase dan untuk hasil tes menggunakan rumus ketuntasan klasikal. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar dilakukan melalui lima tahap, yaitu perencanaan, Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Aceh Besar pelaksanaan, observasi, tes dan refleksi. (2) Adanya peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MAN 1 Aceh Besar dengan menerapkan Metode Sosiodrama. Hal ini bisa dilihat dari hasil aktivitas guru yang meningkat dari persentase 72% (cukup) pada siklus I menjadi 85% (baik) pada siklus II, dan aktivitas siswa meningkat dari persentase 70% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 87,5% (sangat baik) pada siklus II serta peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 48,27% pada siklus I menjadi 79.31% pada siklus II dengan KKM mata pelajaran SKI di MAN 1 Aceh Besar adalah 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa semakin aktif serta keterampilan mengajar guru meningkat menjadi baik.