Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya

Siti Zumaira, 140204046 (2019) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar]
Preview
Text (Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar)
SITI ZUMAIRA OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode belajar pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 Krueng Barona Jaya kurang memadai, sehingga proses pembelajaran fisika tidak tercapai dengan baik, diantaranya disebabkan karena keterbatasan alat peraga dan kurangnya kreatifitas pendidik. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan non equivalent control group design. Penelitian ini melibatkan kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol dan XI MIA2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes soal dan angket. Penelitain ini menggunakan analisi uji-t dan persentase. Hasil penelitain ini menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,99 > 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05. Sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Analisis respon peserta didik terhadap penggunaan metode demonstrasi pada materi elastisitas adalah tertarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Elastisitas di SMAN 1 Krueng Barona Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yusran, M.Pd 2. Nurhayati, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, dan Elastisitas
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Zumaira
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:57
Last Modified: 25 Jul 2019 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8677

Actions (login required)

View Item
View Item