Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Hooke di Kelas XI SMAN 1 Kluet Utara

Salmanita, 140204028 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Hooke di Kelas XI SMAN 1 Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student       Teams Achievment Division (STAD) Untuk Meningkatkan  Keaktifan Dan Hasil Belajar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar)
SALMANITA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Guru harus mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga siswa dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, serta guru juga terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Materi Hukum Hooke di kelas XI SMAN 1 Kluet Utara? (2) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada Materi Hukum Hooke di kelas XI SMAN 1 Kluet Utara? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan PretestPosttest Control Group Design, yang melibatkan kelas eksperimen (XI-MIA4) dan kelas kontrol (XI-MIA1). Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan data dari lembar observasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran STAD memenuhi kriteria penilaian sangat baik, (2) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah diajarkan dengan model STAD di dapat thitung > ttabel yaitu 5,7857 > 2,0106. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada Materi Hukum Hooke di kelas XI SMAN 1 Kluet Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Isa, S.Si, M.Si 2. Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STAD, Keaktifan, Hasil Belajar, Hukum Hooke
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Salmanita
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:49
Last Modified: 09 Jul 2019 04:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item
View Item