Keterampilan Human Relation Kepala Sekolah Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Guru Di SMA Negeri 11 Banda Aceh

Maulana Dien, 140206066 (2019) Keterampilan Human Relation Kepala Sekolah Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Guru Di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keterampilan Human Relation Kepala Sekolah Dalam  Menjalin Komunikasi Dengan Guru]
Preview
Text (Keterampilan Human Relation Kepala Sekolah Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Guru)
MAULANA DHEN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kesenjangan dalam interaksi sering terjadi karena komunikasi yang tidak
maksimal, sehingga komunikasi yang kurang baik antar manusia dapat
menimbulkan suatu konflik salah satunya dalam organisasi seperti sekolah.
Konflik yang sering sekali terjadi yaitu karena komunikasi antar kepala sekolah
dengan guru selama ini tidak maksimal. Dan untuk mencegah terjadinya konflik
tersebut maka kepala sekolah harus memiliki keterampilan human relations
(Hubungan antar manusia) agar dapat terjalinnya komunikasi yang baik antara
kepala sekolah dengan guru ataupun antar sesama guru. Adapun tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi kepala sekolah
dengan guru, strategi kepala sekolah dengan guru dan untuk mengetahui
keterampilan human relations kepala sekolah dalam menjalin komunikasi dengan
guru di SMAN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskripstif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan 3
orang guru di SMAN 11 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
keterampilan Human relation Kepala sekolah dalam menjalain komunikasi
dengan guru meliputi pertama, komunikasi tertulis seperti (1) kode etik guru; (2)
membuat perangkat pembelajaran. Kedua, komunikasi lisan (1) menyampaikan
saran-saran; (2) memotivasi guru-guru baik yang berhubungan dengan kesiswaan
maupun dengan kepegawaian. Ketiga, komunikasi non-verbal (1) menggunakan
mimik atau isyarat bersifat langsung dan terbuka dengan guru; (2) berjabat tangan
dengan warga sekolah. Keempat, komunikasi antar pribadi yaitu menyampaikan
suatu permasalahan secata face to face. Kelima, komunikasi organisasi diterapkan
untuk mengatur dan mengarahkan para guru yang disampaikan pada saat rapat
bulanan. Strategi kepala sekolah dalam menjalin komunikasi dengan guru melalui
proses mengarahkan, membimbing., mempengaruhi secara positif, mengawasi
tindakan-tindakan guru. Keterampilan human relations kepala sekolah dalam
menjalin komunikasi dengan guru ditunjukkan sikap saling menghargai, dan
mengingatkan guru untuk berintaksi dalam bekerja sama serta berbagi informasi untuk kemajuan sekolah di SMAN 11 Banda Aceh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Ismail Anshari, M.A. 2.Dr. Sri Rahmi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Human Relation, Kepala Sekolah,Komunikasi, Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maulana Dien
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:12
Last Modified: 15 Jul 2019 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8847

Actions (login required)

View Item
View Item