Peranan Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat Dalam Pembekalan Life Skill(Studi Deskriptif Pada Penyandang Disabilitas Di Bukesra Ulee Kareng Kota Banda Aceh)

Siti Azura, 140402073 (2019) Peranan Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat Dalam Pembekalan Life Skill(Studi Deskriptif Pada Penyandang Disabilitas Di Bukesra Ulee Kareng Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peranan Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat Dalam Pembekalan Life Skill(Studi Deskriptif Pada Penyandang Disabilitas Di Bukesra Ulee Kareng Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Peranan Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat Dalam Pembekalan Life Skill(Studi Deskriptif Pada Penyandang Disabilitas Di Bukesra Ulee Kareng Kota Banda Aceh))
SKRIPSI FULL SITI AZURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setiap orang haruslah mempunyai bekal life skill (kecakapan hidup) hal ini bertujuan agar dapat menjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya di masa yang akan datang, karena kecakapan hidup merupakan kemampuan, kesanggupan, dan keterampilan yang diperlukan oleh seseorang untuk menjalankan kehidupan dengan nikmat dan bahagia, serta mampu memecahkan persoalan hidup dan kehidupan tanpa adanya tekanan. Hal ini juga diperlukan oleh para penyandang disabilitas mengingat cara hidup para disabilitas yang cenderung lebih khusus di kalangan masyarakat. Adapun Tujuan penelitian ini secara umum untuk melihat Peranan yayasan bina upaya kesejahteraan para cacat dalam pembekalan life skill pada penyandang disabilitas di bukesra, Sedangkan tujuan secara khusus adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk pelatihan life skill yang selama ini diberikan kepada penyandang disabilitas, mengetahui capaian dalam pembelajaran life skill,mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran life skill, mengetahui upaya yang dilakukan yayasan dalam membantu kesejahteraan hidup penyandang disabilitas di bukesra. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini wakil kepala yayasan, para guru dan penyandang disabilitas. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah. Pertama, dilihat dari bentuk-bentuk life skill yang diberikan yayasan kepada siswa sudah cukup bagus, meskipun metode yang digunakan dalam pembelajaran masih belum tepat, namun prose pembelajran/ pembekalan tetap berjalan dengan baik dan diterima dengan baik oleh siswa. Kedua, dilihat dari perkembangan dan pencapaian para disabilitas, meskipun pencapaian mereka berbeda-beda namun kebanyakan dari mereka sudah mampu menguasai suatu bidang keterampilan tertentu dan bahkan mampu memenangkan lomba dan sudah mampu menerima pesanan dari luar. Ketiga, dilihat dari hambatan yang dialami siswa hanya berkaitan dengan ketunaannya saja, diluar itu mereka tidak memiliki hambatan, dan hambatan yang dialami guru berupa kurangnya fasilitas ruang belajar, namun meskipun guru memiliki hambatan tersebut proses belajar mengajar keterampilan tetap bisa berjalan dengan lancar dan teratur. Keempat, dilihat dari upaya yayasan dalam membantu dan memfasilitasi para lulusan untuk menemukan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan mereka.

Kata kunci : Penyandang Disabilitas, Life Skill.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 1. Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd 2. Jarnawi, M.Pd
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Siti Azura Zura
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:56
Last Modified: 24 Jul 2019 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9074

Actions (login required)

View Item
View Item