Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Atensi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di Man 3 Bireuen

Merri Handayani, 140204110 (2019) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Atensi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di Man 3 Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Atensi dan Media Audio Visual terhadap Peserta Didik]
Preview
Text (Atensi dan Media Audio Visual terhadap Peserta Didik)
FORM-B dan FORM-D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of PDF GABUNG- MERRI HANDAYANI.pdf]
Preview
Text
PDF GABUNG- MERRI HANDAYANI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Belajar fisika diraskan sulit, sehingga kurangnya atensi peserta didik terhadap pelajaran fisika pada MAN 3 Bireuen dan menyebabkan hasil belajar yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya pencapaian KKM peserta didik. Idealnya pembelajaran menggunakan media audio visual pada pembelajaran fisika mampu menarik atensi peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penulis telah melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk: untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap atensi pembelajaran peserta didik dan hasil belajar pada materi fluida statis di MAN 3 Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen yang dipilih secara purposive sampling. Dengan sampel kelas eksperimen (XI IPA1) dan kelas kontrol (XI IPA2). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Dari data yang diperoleh melalui lembar observasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai atensi peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 86% dengan kriteria sangat baik dan 66% dengan kriteria cukup, dan hasil belajar melalui analisis soal tes dengan menggunakan Uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 3,72 > 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat berpengaruh terhadap atensi pembelajaran peserta didik dan hasil belajar pada materi fluida statis di MAN 3 Bireuen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Samsul Bahri, M.Pd 2. Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Atensi, Hasil Belajar Peserta Didik, Materi Fluida Statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Merri Handayani Merri
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:57
Last Modified: 24 Jul 2019 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9086

Actions (login required)

View Item
View Item