Peningkatan Level Berpikir dan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Teori van Hiele

Mardhiyah, 261222932 (2017) Peningkatan Level Berpikir dan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Teori van Hiele. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang level berpikir dan kemampuan pemecahan masalah.)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Geometri diajarkan dengan tujuan agar siswa dapat memahami sifat-sifat dan hubungan antar unsur geometri serta dapat menjadi pemecahan masalah yang baik. Meskipun geometri diajarkan pada semua jenjang pendidikan, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar geometri, sehingga menyebabkan siswa lemah dalam geometri. Salah satu penyebabnya adalah faktor pembelajaran yang tidak disesuaikan dengan level berpikir siswa. Pembelajaran berbasis teori van Hiele merupakan pembelajaran yang disesuaikan dengan level berpikir siswa, sehingga pembelajaran ini tepat jika diterapkan dalam pembelajaran geometri. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan level berpikir geometri siswa yang diterapkan pembelajaran berbasis teori van Hiele dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa yang diterapkan pembelajaran berbasis teori van Hiele dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Data dikumpulkan melalui lembar tes (van Hiele geometry test dan tes pemecahan masalah geometri). Data yang dianalisis adalah data tentang level berpikir dan skor N-gain terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase dan uji-t satu pihak dengan independent sample t-tes. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa (1) Sebanyak 85,7% siswa dari kelompok eksperimen berpindah dari level-0 ke level berikutnya (level-1 = 52,4% dan level-2 = 33,3%), sementara pada kelas kontrol hanya 40,9% siswa yang berpindah dari level-0 ke level berikutnya (level-1 = 31,8% dan level-2 = 9,1%). (2) Sesuai dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi  = 0,05 diperoleh nilai p-value 0,000. Karena 0,000 <0,05, maka tolak〖 H〗_0 dan terima〖 H〗_a. Ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa yang diterapkan pembelajaran berbasis teori van Hiele lebih baik daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis Teori van Hiele, Level Berpikir dan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: imar dhiyah
Date Deposited: 27 Sep 2017 02:06
Last Modified: 27 Sep 2017 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item
TOP