Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa Kelas VII MTsN

Anneke Primadiana Kartina, 261324549 (2017) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa Kelas VII MTsN. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang pemecahan masalah]
Preview
Text (membahas tentang pemecahan masalah)
Anneke Primadiana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (86MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah rendah karena siswa beranggapan bahwa suatu masalah dalam matematika hanya dapat diselesaikan satu cara saja, sehingga perlu dilakukan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu dengan Pendekatan Open-Ended. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan pendekatan open-ended di kelas VII MTsN Banda Aceh dan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas yang diajarkan dengan penerapan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian Sequental Explanatory dengan design Control Group Design Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh Tahun ajaran 2016/2017 dan sampel yaitu dari kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang dan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik tes dan observasi. Analisis data tes menggunakan statistik uji-t dilakukan melalui uji normalitas data, uji homogenitas varians setelah data dikonversikan ke skala interval dengan bantuan MSI. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan melalui pendekatan open-ended di kelas VII MTsN Banda Aceh. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh t_hitung=6 dan t_tabel=1,665, maka t_hitung>t_tabel sehingga terima H1, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan melalui pendekatan open-ended lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran langsung di kelas VII MTsN Model Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. M Yacoeb Harun, M.Pd 2. Cut Intan Salasiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Pendekatan Open-Ended
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: anneke primadiana kartina
Date Deposited: 29 Sep 2017 07:34
Last Modified: 29 Sep 2017 07:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item
View Item