Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Murder Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs

Abdul Musawwir, 261324668 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Murder Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Murder Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Murder Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep siswa masih rendah. Hal ini berdasarkan hasil observasi awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, 27% siswa dapat mengerjakan soal dengan indikator menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu serta menggunakan dan memilih prosedur tertentu, dan 40.55% siswa dapat mengerjakan soal dengan indikator mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER dan mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER dan yang diterapkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain pretest-posttest Equivalent Group. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur kemampuan pemahaman konsep. Analisis data menggunakan uji perbedaan rerata dengan menggunakan uji statistik t (independent sample t-test). Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase skor sebelum diterapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER yaitu 21.39% sedangkan setelah diterapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER naik menjadi 70.43%. Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas kontrol adalah 9.86 sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen adalah 11.23. Setelah dilakukan uji beda rata-rata, diperoleh thitung=1.88 dan ttabel=1.675. Dikarenakan nilai t hitung > ttabel maka H0 ditolak, hal ini bermakna bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER lebih tinggi dibandingkan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif MURDER dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER lebih tinggi dibandingkan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M. Kes Pembimbing II : Rini Sulastri, S. Pd, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER, Pemahaman Konsep.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Abdul Musawwir Abdul
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:13
Last Modified: 01 Aug 2019 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item
View Item