Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Melalui Permainan Tradisional Aceh pada Siswa Kelas V MIN 17 Aceh Selatan

Nur Asyiah, 201325060 (2017) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Melalui Permainan Tradisional Aceh pada Siswa Kelas V MIN 17 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang media pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang media pembelajaran)
NurAsyiah201325060.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa terdiri atas empat keterampilan, yaitu menyimak,berbicara, membaca, dan menulis. Dari keempat keterampilan tersebut keterampilan menulis dianggap paling sulit dan perlu mendapatkan perhatian lebih. Menulis teks laporan merupakan menulis lanjutan yang memerlukan kreativitas tinggi dalam mengungkapkan ide dan gagasan serta pengalaman dalam bentuk tulisan dan harus memperhatikan berbagai aspek menulis. Sebagian besarsiswa kelas V MIN 17 Aceh Selatanmasih mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide dan gagasannya ke dalam tulisan yang berbentuk laporan dan belum memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks laporan dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran melalui permainan tradisional Aceh. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan alur Kemmis dan Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dijalankan dalam 2 siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 17 Aceh Selatan yang berjumlah 16 siswa. Teknik dan Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Analisis data penelitian kuantitatif menggunakan statistik deskriptif yang berbentuk frekuensi, rata-rata dan N-Gain sedangkan data kualitatif dianalisis dengan mendeskripsikan dalam bentuk uraian-uraian. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks laporan siswa melalui permainan tradisional Aceh mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 60,5 dan perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 76,31. Peningkatan kemampuan siswa berdasarkan N-Gain sebesar 0.6 yang menunjukkan adanya peningkatan dalam kategori sedang. Sementara hasil penelitian terhadap respon siswa menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan tradisional Aceh adalah tinggi (rata-rata 3,9). Permainan tradisional Aceh dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan dan dapat mengembangkan keaktifan serta menumbuhkan sikap disiplin, senang, semangat, komunikatif, patuh, kompak, percaya diri, kerja keras, tanggung jawab, kerja sama, jujur serta toleransi pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Jailani, M.Ag 2. Yuni Setia Ningsih, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Menulis, Teks Laporan, Permainan Tradisional Aceh
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Nur Asyiah
Date Deposited: 29 Sep 2017 08:47
Last Modified: 29 Sep 2017 08:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item
View Item