Penerapan Model Learning Strarts With A Qustion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 3 Miruk Aceh Besar

Rezki Asary, 140209108 (2018) Penerapan Model Learning Strarts With A Qustion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 3 Miruk Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Learning Strarts With A Qustion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 3 Miruk Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Learning Strarts With A Qustion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 3 Miruk Aceh Besar)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa di kelas Vc MIN 3 Aceh Besar pada proses pembelajaran penerapan model masih kurang sesuai dengan materi pembelajaran dan pembelajaran lebih berfokus pada buku paket, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan membuat siswa bosan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana aktifitas siswa, (2) untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru, (3) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan model Learning Start With A Question di kelas Vc MIN 3 Aceh Besar. Penelitan ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vc MIN 3 Aceh Besar tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 26 siswa. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru dan juga soal post-test. Data yang diperoleh untuk penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Bedasarkan hasil analisis data maka diperoleh: (1) aktivitas siswa meningkat dari 3,14 pada siklus I menjadi 3,90 pada siklus II. (2) aktivitas guru meningkat dari 3,46 pada siklus I menjadi 4. (3) hasil tes belajar siswa pada siklus I 69,23 % meningkat menjadi 92,30 % pada siklus II. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Learning Start With A Question untuk meningkatkan hasil belajar siswa lebih aktif dan hasilnya siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muslim Razali, Sh., M.Ag Pembimbing II : Darmiah, S. Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Learning Start With A Question, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rezki Asary Rezki
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:14
Last Modified: 06 Aug 2019 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9448

Actions (login required)

View Item
View Item