Efektivitas Layanan Informasi Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Mengikuti Ujian Di MAN 4 Aceh Besar

Farah Zayani, 140213081 (2019) Efektivitas Layanan Informasi Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Mengikuti Ujian Di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Informasi Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Mengikuti Ujian  Di MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Efektivitas Layanan Informasi Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Mengikuti Ujian Di MAN 4 Aceh Besar)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kecemasan adalah sifat emosional yang sering dialami siswa termasuk kecemasan menghadapi ujian. Kecemasan menghadapi ujian berkaitan erat dengan prestasi belajar, apabila kecemasan terlalu berlebihan akan berdampak terhadap kondisi akademik siswa dan rendahnya motivasi belajar siswa. Layanan informasi adalah salah satu layanan yang memberikan pemahaman kepada setiap siswa tentang berbagai hal yang diperlukan dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini, hampir sebagian besar siswa merasa cemas apabila prestasi belajarnya rendah, tidak mampu menjawab soal-soal ujian, tidak konsentrasi saat ujian, tidak percaya diri dan takut tinggal kelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas layanan informasi untuk mengatasi kecemasan siswa mengikuti ujian di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui teknik skala likert, terhadap layanan informasi dan kecemasan siswa mengikuti ujian. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan program SPSS eds. 16. Hasil penelitian diperoleh bahwa layanan informasi efektif untuk mengatasi kecemasan siswa dalam mengikuti ujian di MAN 4 Aceh Besar. Hal ini dapat dilihat dari hasil olah data diperoleh nilai thitung = 13,992 lebih besar dari ttabel = 1,671 dan tingkat sig. (2-tailed) < taraf signifikansi, yaitu 0,000 > 0,05. Dari daftar distribusi t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 13,992 > 1,671 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa layanan informasi efektif untuk mengatasi kecemasan siswa dalam mengikuti ujian di MAN 4 Aceh Besar. Kecemasan siswa mengikuti ujian di MAN 4 Aceh Besar termasuk pada kategori tinggi dan hal ini dapat diatasi dengan memberikan layanan informasi melalui dua kali pertemuan dengan melakukan treatment (perlakuan), setelah diberikan pre-test dan post-test. Skor siswa yang berada pada kategori tinggi diasumsikan telah mencapai tingkat kemampuan untuk mengatasi kecemasan saat mengikuti ujian, yang efektif pada setiap aspeknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah, M.Ag. Pembimbing II : Evi Zuhara, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Kecemasan Siswa Mengikuti Ujian
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Farah Zayani Farah
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:43
Last Modified: 02 Sep 2019 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9614

Actions (login required)

View Item
View Item