Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kelarutan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Darul Aman Aceh Timur

Cut Sulastri, 150208069 (2019) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kelarutan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Darul Aman Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kelarutan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Darul Aman Aceh Timur.pdf]
Preview
Text
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kelarutan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Darul Aman Aceh Timur.pdf

Download (58MB) | Preview

Abstract

Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan salah satu materi kimia yang sulit dipahami oleh siswa. Materi ini dapat di pahami dengan baik apabila memperhatikan keterhubungan sebagai upaya untuk mencapai pembelajaran efektif. Untuk menjawab pesoalan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran PBL sebagai solusi memaksimalkan pengembangan pada taraf berfikir dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model PBL. Data didapat melalui observasi, tes belajar dan angket, kemudian data di pecahkan dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ditemukan bahwa dari 28 siswa kelas XI Mia3 di SMAN 1 Darul Aman yang mempelajari materi ini, pada post test siklus I siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 11 siswa (40%) dan nilai >75 sebanyak 17 siswa (60%) dengan rata-rata kelas 76%. Sedangkan nilai post test pada siklus II siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 5 siswa (22%) dan nilai >75 sebanyak 23 siswa (78%) dengan rata-rata 84%. Data aktivitas guru pada siklus I yaitu 78% dan pada siklus II 85%, aktivitas siswa pada siklus 1 75% dan siklus II yaitu 83%. Dapat disimpulkan dengan nilai yang diperoleh siswa sebanyak 78%, menunjukkan respons siswa kelas XI Mia3 di SMAN 1 Darul Aman Aceh Timur dapat dikatakan siswa tertarik dan termotivasi belajar dengan metode ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I. Dr. Ramli Abdullah, M.Pd Pembimbing II. Ainun Mardhiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Cut Sulastri
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:13
Last Modified: 11 Sep 2019 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9639

Actions (login required)

View Item
View Item