Efektivitas Bimbingan Keagamaan Dalam Menangani Permasalahan Moral Siswa Di MAN 2 Banda Aceh

Fajar Bahari, 140213058 (2019) Efektivitas Bimbingan Keagamaan Dalam Menangani Permasalahan Moral Siswa Di MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Bimbingan Keagamaan Dalam Menangani Permasalahan Moral Siswa Di MAN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Bimbingan Keagamaan Dalam Menangani Permasalahan Moral Siswa Di MAN 2 Banda Aceh)
OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan diharapkan dapat membentuk moral siswa menjadi lebih baik, seperti yang kita ketahui pendidikan moral merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai yang mencakup tanggung jawab, rasa hormat, keadilan, keberanian, kejujuran, rasa kebangsaan, disiplin diri dan ketekunan. Bimbingan agama merupakan langkah paling utama dalam usaha mewujudkan pendidikan agama yaitu; menciptakan manusia yang berakhlak mulia, beriman dan bertaqwa untuk membentuk kepribadian seseorang menjadi insan kamil. Sehingga pendidikan agama merupakan bagian dari pendidikan nasional, hal ini terbukti dalam pelaksanaan pendidikan agama menjadi pelajaran pokok yang wajib diberikan di sekolah-sekolah. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah seberapa efektifkah bimbingan keagamaan dalam menangani permasalahan moral siswa di MAN 2 Banda Aceh. Dalam penelitian ini, peneliti memakai metode kuantitatif dalam bentuk eksperimen dengan menggunakan kuisioner dalam bentuk skala, desain yang digunakan adalah one-grup pretest-posttest design yakni pemberian angket kepada siswa tanpa memberikan bimbingan terlebih dahulu, setelah itu peneliti memberikan bimbingan agama kepada siswa mengenai moral guna untuk melakukan pre-test post-test yakni pemberian angket yang sama sesudah diberikan bimbingan, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang duduk di kelas XI yang berjumlah 147 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ialah 27 siswa. Kemudian setelah terkumpul data tersebut dianalisis menggunakan SPSS 20.0. Hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan uji statistik t-test didapat hasil bahwa metode bimbingan agama dalam membina akhlak siswa ialah efektif, hal ini dapat dilihat dari nilai 25,878 > 2,056. Artinya metode bimbingan agama efektif dalam menangani permasalahan moral siswa di MAN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Drs. Munirwan Umar M.Pd 2. Tabrani ZA,S.Pd.I.,M.S.I.,MA
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama, Moral Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Fajar Bahari Fajar
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:35
Last Modified: 06 Jan 2020 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9718

Actions (login required)

View Item
View Item