Urgensi Bimbingan Islami Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an As-Sa’adah Di Gampong Lamgugob Kec. Syiah Kuala Banda Aceh

Ulfa Khaira, 140402133 (2019) Urgensi Bimbingan Islami Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an As-Sa’adah Di Gampong Lamgugob Kec. Syiah Kuala Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Urgensi Bimbingan Islami Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an As-Sa’adah Di Gampong Lamgugob Kec. Syiah Kuala Banda Aceh)
ulfa khaira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Srikripsi ini membahas tentang “Urgensi Bimbingan Islami Dalam Upaya Meningkatkan KedisiplinanGuru TPA As-Sa’adah(Di Gampong Lamgugob Kec, Syiah Kuala Banda Aceh).Permasalahan dalam penelitian ini adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) As-Sa’adah Gampong Lamgugob banyak guru yang belum menegakkan kedisiplinan seperti guru sering datang terlambat ke Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), guru kurang bertanggung jawab atas tugas yang dibebankan kepadanya banyak guru tidak tepat waktu dalam mengajar dan kurang tegas dalam melaksanakan pembelajaran mengakibatkan para santri menjadi tidak sopan kepada guru. Oleh karena itu kajian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana urgensi bimbingan Islami dalam upaya meningkatkan kedisiplinanguru TPA As-Sa’adah dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Taman Pendidikan Al-Qur’an As-Sa’adah dalam upaya meningkatkan kedisiplinan mengajar. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyaitupenelitian lapangan (field reseach) dan metode penelitian nya menggunkan metode deskriptif analisis, serta dengan menggunakan teknik analisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini maka ditemukan bahwa pemberian bimbingan Islami kepada guru yang tidak disiplin mengajar setelah terjadinya ketidak disiplinan para guru terhadap waktu mengajar. terdapa beberapa faktor yang menjadi kendala para guru tidak disiplin dalam hal waktu mengajar. Pertama sebagian dari para guru mahasiswa, kedua selain itu para guru juga bekerja sebagai agen travel, ketiga karena sebagai ibu rumah tangga dan keempat faktorlainnya jarak tempuh yang terlalu jauh dan tidak memiliki kendaraan. seharusnya bimbingan Islami seharusnya diberikan sebelum guru memulai pembelajaran untuk pertama kalinya atau lebih tepatnya setelah seleksi para guru TPA As-Sa’adah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Dr. Muharrir Asy’ari, Lc, MA 2. Zamratul Aini, S. Sos. I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: BimbinganIslami, Guru TPA As-Sa’adah, Kedisiplinan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.384 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ulfa Khaira Khaira
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:16
Last Modified: 16 Sep 2019 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9885

Actions (login required)

View Item View Item
TOP