Peran Guru Praktikan dalam Penanganan Perilaku Bullying di MAN I Kuta Baro Aceh Besar

Multazam, 271222955 (2018) Peran Guru Praktikan dalam Penanganan Perilaku Bullying di MAN I Kuta Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Guru Praktikan dalam Penanganan Perilaku Bullying di MAN I Kuta Baro Aceh Besar]
Preview
Text (Peran Guru Praktikan dalam Penanganan Perilaku Bullying di MAN I Kuta Baro Aceh Besar)
Multazam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian awal peran guru praktikan yang di temukan sejumlah siswa pada MAN Kuta Baro Aceh Besar, disaat jam pelajaran sebagian siswa ada yang bolos sekolah. Para siswa selain mendapat pelajaran di sekolah mereka juga mengikuti upacara, senam yang dilaksanakan di sekolah sehingga mengakibatkan siswa ketika berada dalam kelas siswa merasa jenuh dan capek yang akhirnya siswa menjadi kurang berminat dalam mengikuti pelajaran, sehingga mereka ingin mencari kesenangan diluar kelas dan mengganggu temannya yang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran perilaku, upaya dan hambatan dalam penanganan perilaku bullying siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitianya itu kepala sekolah, guru praktikan, guru bimbingan konseling dan siswa-siwa. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data penelitian Ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan antara perilaku siswa dalam berprilaku bully terutama pada anak kelas XII. Dimana mereka lebih mengutamakan keluar kelas saat jam pelajaran berlangsung dibandingkan dengan belajar dan membuat tugas sekolah, upaya- upaya yang dilakukan guru praktikan dalam mengatasi siswa bermasalah juga masih kurang optimal dan masih terjadi hambatan dalam melakukan penanganan siswa dimana masih kurangnya sarana prasarana, tidak terjalin kerja sama antara guru praktikan dengan para guru disekolah tersebut dan terdapat hanya 1(satu) orang guru bimbingan konseling disekolah tersebut sehingga guru bimbingan tersebut kesulitan menghadapinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Multazam Multazam
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:35
Last Modified: 19 Sep 2019 04:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9994

Actions (login required)

View Item
View Item