Dhiya Mita Nawal Azka, 170207028 (2024) Pengembangan Instrumen Tes Tertulis Tipe Soal Benar-Salah dalam Bentuk Pilihan Ganda Kompleks pada Materi Sistem Gerak Kelas VIII di SMP Negeri Unggul Sigli. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengembangan Instrumen Tes Tertulis Tipe Soal Benar-Salah dalam Bentuk Pilihan Ganda Kompleks pada Materi Sistem Gerak Kelas VIII di SMP Negeri Unggul Sigli]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dhiya Mita Nawal Azka, 170207028, FTK, PBL - Cover bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Pengembangan Instrumen Tes Tertulis Tipe Soal Benar-Salah dalam Bentuk Pilihan Ganda Kompleks pada Materi Sistem Gerak Kelas VIII di SMP Negeri Unggul Sigli]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dhiya Mita Nawal Azka, 170207028, FTK, PBL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Guru di SMP Negeri Unggul Sigli selama ini menggunakan soal pilihan ganda dan uraian dalam menilai kemampuan siswa, namun belum pernah membuat instrumen tes tertulis tipe soal benar-salah dalam bentuk pilihan ganda kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan soal tersebut pada materi sistem gerak. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D: Define, Design, Development, dan Disseminate. Analisis butir soal menggunakan Microsoft Excel. Hasil validasi dari 2 ahli evaluasi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 78%. Uji coba dilakukan pada 37 siswa kelas VIII dan menghasilkan 17 soal yang valid serta 8 soal yang tidak valid. Nilai reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha sebesar 0,71 dengan kategori reliabel. Tingkat kesukaran terdiri atas 11 soal kategori sedang dan 14 soal kategori mudah. Uji daya pembeda menunjukkan 3 soal berkategori baik, 8 soal cukup, dan 14 soal kurang. Respon siswa terhadap soal mendapatkan persentase 87% dengan kategori sangat positif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Instrumen tes, Soal benar-salah dalam bentuk pilihan ganda kompleks, Kelayakan, Analisis soal, Respon siswa. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dhiya Mita Nawal Azka |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:49 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:49 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46170 |