Pengaruh Knowledge Management Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Etika Bisnis Syariah (Studi Pada UMKM Makanan Dan Minuman Kekinian Di Kota Banda Aceh)

Fijar Andisa, 200602068 (2024) Pengaruh Knowledge Management Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Etika Bisnis Syariah (Studi Pada UMKM Makanan Dan Minuman Kekinian Di Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Knowledge Management, Inovasi Produk, Keunggulan Kompetitif, Etika Bisnis Syariah] Text (Knowledge Management, Inovasi Produk, Keunggulan Kompetitif, Etika Bisnis Syariah)
Fijar Andisa, 200602068, FEBI, ES, 082246373577.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Knowledge Management, Inovasi Produk, Keunggulan Kompetitif, Etika Bisnis Syariah] Text (Knowledge Management, Inovasi Produk, Keunggulan Kompetitif, Etika Bisnis Syariah)
Fijar Andisa, 200602068, FEBI, ES.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah di bidang makanan dan minuman saat ini sedang berkembang pesat, dengan produk yang beragam dan memiliki karakteristik unik, sering disebut sebagai makanan dan minuman kekinian. Dalam meraih keunggulan kompetitif, pengelolaan pengetahuan yang efektif sangat penting untuk menciptakan inovasi dan efisiensi dalam operasional. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh knowledge management, inovasi produk baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap keunggulan kompetitif pada UMKM makanan dan minuman kekinian di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan analisa penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menemukan hasil bahwa Knowledge Management dan inovasi produk berpengaruh positif signifikan baik secara parisal maupun simultan terhadap keunggulan kompetitif ditinjau dari etika bisnis syariah. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih berarti dalam memperkaya wawasan ilmu pengetahuan, khususnya dalam memahami peran manajemen pengetahuan (knowledge management) dan inovasi produk dalam mendorong terciptanya keunggulan kompetitif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.91 Makanan dan Minuman
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fijar Andisa
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:22
Last Modified: 16 Jul 2025 07:22
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46200

Actions (login required)

View Item
View Item