Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Padang Panyang Nagan Raya

Raudhatul Jannah, 210209096 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Padang Panyang Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Pembelajaran Course Review Horay] Text (Model Pembelajaran Course Review Horay)
Raudhatul Jannah, 210209096 (2025) cover - bab 1_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)
[thumbnail of Penerapan  Model Pembelajaran  Course  Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika  Siswa  Kelas  IV  SDN  Padang  Panyang Nagan Raya] Text (Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Padang Panyang Nagan Raya)
Raudhatul Jannah, 210209096 (2025)_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki permasalahan dalam pembelajaran matematika yang sulit dan membosankan sehingga mengakibatkan kurangnya usaha dari siswa dalam mempelajari materi pecahan. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar, di mana banyak siswa di SDN Padang Panyang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah ditetapkan yaitu 75. Informasi awal menunjukkan bahwa siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran, siswa tidak berani menjawab pertanyaan sebelum ditunjuk oleh guru, bahkan sering tidak menyelesaikan tugas atau PR yang diberikan. Banyak siswa tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan, lebih suka menyontek tugas teman sehingga mengganggu teman lainnya, serta ada pula siswa yang keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya pada bab pecahan, dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian meliputi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa kelas IV. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket motivasi belajar, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada setiap aspek yang diukur. Aktivitas guru meningkat dari 80,83% pada siklus I menjadi 86,66% pada siklus II, dan mencapai 91,66% pada siklus III. Aktivitas siswa juga menunjukkan kemajuan, yaitu dari 71,67% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II, dan mencapai 94,16% pada siklus III. Motivasi belajar siswa mengalami kenaikan dari 56% pada siklus I, 75% pada siklus II, hingga 93,75% pada siklus III. Demikian pula, hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dari 56,25% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, dan mencapai 93,75% pada siklus III. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay efektif meningkatkan aktivitas guru dan siswa, motivasi belajar, serta hasil belajar pada pembelajaran matematika bab pecahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raudhatul Jannah
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:55
Last Modified: 09 Sep 2025 09:15
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46255

Actions (login required)

View Item
View Item