Mutiara Rahmanidar, 180202153 (2024) Pengembangan Lembar Kerja LKPD menggunakan Metode Mimicry Memorization dalam mengajarkan bahasa Arab di SD IT HAFIZUL ILMI. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja LKPD menggunakan Metode Mimicry Memorization dalam mengajarkan bahasa Arab di SD IT HAFIZUL ILMI]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mutiara Rahmanidar, 180202153 (2024) cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja LKPD menggunakan Metode Mimicry Memorization dalam mengajarkan bahasa Arab di SD IT HAFIZUL ILMI]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mutiara Rahmanidar, 180202153 (2024).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan Lembar Kerja (LKPD) dengan Metode Mimicry-Memorization dalam pengajaran bahasa Arab dan mengidentifikasi kelayakan pengembangan Lembar Kerja (LKPD) dengan metode Mimicry-Memorization dalam pengajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan peneliti adalah metode “Research and Development” model ADDIE. Satu orang guru, 4 orang ahli, dan 13 orang siswa digunakan sebagai sampel penelitian. Wawancara, angket dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Metode Deskriptif Kuantitatif dan Kualitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Lembar Kerja (LKPD) menggunakan Metode Mimicry-Memorization dalam pengajaran bahasa Arab. Terdiri dari 5 langkah utama: 1) Analisis. Guru bahasa Arab tidak menggunakan sarana teknologi yang ada. Analisis siswa: Siswa menghadapi kesulitan dalam menghafal kosakata. 2) Desain, menggunakan Microsoft Word 2010, Canva, Pinterest untuk mendesain produk. 3) Pengembangan: Mengembangkan Lembar Kerja dengan Metode Mimicry-Memorization dan memvalidasinya dari segi isi, bahasa, dan desain. Hasil Sertifikasi dinilai “Sangat Baik”. 4) Penerapan: LKPD yang dikembangkan diujikan kepada 13 orang siswa. 5) Evaluasi: Penggunaan Lembar Kerja dengan Metode Mimicry-Memorization efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman mendengarkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mutiara Rahmanidar |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:29 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46287 |