Dzakya Maulina, 210209116 (2025) Penerapan Strategi Know Want to Know Learned Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Piyeung Montasik Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Dzakya Maulina, 210209116, Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Dzakya Maulina, 210209116, Skripsi - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Piyeung melalui penerapan strategi Know Want to Know Learned (KWL). Penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan, menemukan ide pokok, serta menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapkan strategi KWL serta bagaimana peningkatan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Piyeung yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi dan tes, sedangkan teknik analisi data menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian terhadap observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh presentase 76,52% kategori baik, siklus II 84,34% kategori sangat baik, siklus III 93,04% kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa siklus I persentase yang diperoleh 59,13% kategori cukup, siklus II 79,13% kategori baik, siklus III 90,43% kategori sangat baik. Untuk hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa berdasarkan persentase ketuntasan klasikan pada siklus I memperoleh 39,13%, siklus II 65,21% dan pada siklus III mencapai 86,95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi KWL dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Piyeung.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Dzakya Maulina |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:28 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 07:28 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46506 |
