Penerapan Strategi Membaca Bergema Berbantuan Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas II SD Negeri Labuy

Amna Afisha, 210209098 (2025) Penerapan Strategi Membaca Bergema Berbantuan Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas II SD Negeri Labuy. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Strategi Membaca Bergema Berbantuan Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas II SD Negeri Labuy] Text (Penerapan Strategi Membaca Bergema Berbantuan Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas II SD Negeri Labuy)
Amna Afisha (1) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Penerapan Strategi Membaca Bergema Berbantuan Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas II SD Negeri Labuy] Text (Penerapan Strategi Membaca Bergema Berbantuan Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Siswa Kelas II SD Negeri Labuy)
Amna Afisha (1) (1) - Copy.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti dikelas II SD Negeri Labuy, terlihat kemampuan membaca peserta didik masih belum maksimal. Dapat dilihat dari banyaknya kesalahan yang dilakukan peserta didik saat membaca pada pembelajaran bahasa indonesia sehingga belum mencapai nilai kriteria ketuntasan kelancaran membaca hanya 10 orang siswa yang mencapai ketuntasan sedangkan 14 siswa belom mencapai kriteria ketuntasan, oleh karena itu perlu adanya starategi membaca bergema berbantuan media buku berjenjang untuk meningkatkan kelancaran membaca peserta didik. Tujuan peneliti ini adalah untuk meningkatkan kelancaran membaca peserta didik dengan menggunakan strategi membaca bergema berbantuan buku berjenjang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data penelitian penggunakan rumus penelitiannya adalah aktivitas guru siklus I yaitu 76,04% dan meningkat pada sikus II menjadi 92,7%, sedangkan aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase 72,91% dan meningkat pada siklus II menjadi 95,83%. Ketuntasan kelancaran membaca peserta didik pada siklus I dengan persentase 62,50% dan meningkat pada sikus II menjadi 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi membaca bergema berbantuan buku berjenjang dapat meningkatkan kelancaran membaca peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amna Afisha
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:30
Last Modified: 23 Jul 2025 07:30
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46512

Actions (login required)

View Item
View Item