Penerapan Media Strip Story untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di MIN 19 Aceh Selatan

Asmaniati, 210202043 (2025) Penerapan Media Strip Story untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa di MIN 19 Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Strip Story] Text (Penerapan Media Strip Story)
SKRIPSI ASMANIATI 5 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Penerapan Media Strip Story] Text (Penerapan Media Strip Story)
SKRIPSI ASMANIATI 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di sekolah tersebut adalah siswa sering mengalami kesulitan dalam menghafal dan memahami kosa kata, yang berdampak pada lemahnya kemampuan mereka dalam berbicara Bahasa Arab. Salah satu penyebab utama dari masalah ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap kosa kata yang mereka pelajari, serta metode pembelajaran yang digunakan cenderung membosankan, tidak interaktif, dan kurang mendorong motivasi belajar. tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui keevektifan media STRIP STORY untuk kemampuan mufradat dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media tersebut.peneliti menggunakan instrumen berupa pretest dan posttest untuk mengukur efektivitas media Strip Story dalam meningkatkan kemampuan mufradat siswa, serta angket untuk mengetahui respons siswa terhadap media tersebut. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI MIN 19 Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Strip Story efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata siswa,sebagaimana hasil yang di peroleh dari Uji paired sample T-Test menunjukkan bahwa signifikasi 0,000 sig(2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05 dan menyebabkan hipotensif alternatih(Ha) di terima dan Hipotesis nol(Ho) di tolak.Dan adapun respon siswa terhadap penerapan media ini adalah sanggat positif,Berdasarkan hasil dari respon siswa sebesar 90,09% lebih banyak dari pada hasil negatif sebesar 9,09%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Asmaniati Asmaniati
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:02
Last Modified: 31 Jul 2025 02:02
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46534

Actions (login required)

View Item
View Item