Pengaruh Layanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Noura Hasna, 210206011 (2025) Pengaruh Layanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang perpustakaan] Text (membahas tentang perpustakaan)
Noura Hasna, 210206011, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of membahas tentang perpustakaan] Text (membahas tentang perpustakaan)
Noura Hasna, 210206011, FTK, MPI (Cover-BAB I).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (992kB)

Abstract

Layanan perpustakaan yang efektif dan efisien dapat meningkatkan kepuasan pemustaka. Pemustaka yang puas akan cenderung menggunakan layanan secara
berulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) sebanyak 502 orang. Dengan
jumlah sampel 84 responden yang diambil menggunakan teknik stratiefied random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Dan analisis data dilakukan melalui uji one sample T-Tes, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan
perpustakaan dan kepuasan pemustaka bernilai tinggi dengan interpretasi nilai 84% (Variabel X) dan 80,8% (Variabel Y). Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh Y= 18,431+ 0,688 X artinya nilai koefisien bernilai (+), maka dapat dikatakan bahwa layanan perpustakaan (variabel X) berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka(variabel Y). Nilai signifikansi, diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 artinya layanan perpustakaan berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Berdasarkan hipotesis pada uji t diketahui nilai thitung sebesar 6,564 > ttabel sebesar 1,663 artinya terdapat pengaruh layanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Disamping itu, hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa layanan perpustakaan memberikan kontribusi sebesar 34,4% terhadap variasi
kepuasan pemustaka. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan perpustakaan UIN Ar-Raniry merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kepuasan pemustaka.
Namun demikian kepuasan pemustaka juga dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.5 Jasa bagi Pemakai
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Noura Hasna
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:49
Last Modified: 25 Jul 2025 02:49
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46546

Actions (login required)

View Item
View Item