Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Blang Bintang Aceh Besar

Nur Afna, 210209106 (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Blang Bintang Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sd Negeri Blang Bintang Aceh Besar] Text (Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sd Negeri Blang Bintang Aceh Besar)
bismillah_skripsi_nur afnaa 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sd Negeri Blang Bintang Aceh Besar] Text (Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sd Negeri Blang Bintang Aceh Besar)
bismillah_skripsi_nur afnaa 2 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Mata pembelajaran IPA diajarkan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengenai fenomena alam dan sekitarnya. Namun kenyataanya hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Blang Bintang belum meningkat secara signifikasi karena model pembelajaran yang menoton dan tidak variatif dalam proses pembelajaran IPA, masih menggunakan model konvensional, yang mencakup metode ceramah, diskusi dan model konveratif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Blang Bintang. Jenis penelitian ini bersifat pre-experimental design dengan desain penelitian One Group Pretest and Posttest Design. Teknik Pengumpulan data menggunakan Pretest and Posttest. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini tes hasil belajar, dimana data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus statistik. Analisis data hasil hasil hasil belajar siswa dari pretest dan posttes dilakukan dengan uji t. kriteria pengambilan keputusan adalah jika nilai signifikan (Sig. 2-tailed) > 0,05 maka Ho ditolak, dan jika nilai signifikan < 0,05 maka Ha diterima, Hasil analisis diperoleh nilai signifikan (Sig. 2-tailed) adalah 0,000 atau diperoleh 0. Karena 0,000 < 0,05. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Blang Bintang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Afna
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:29
Last Modified: 24 Jul 2025 08:29
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46570

Actions (login required)

View Item
View Item