Penerapan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen di MAN 2 Aceh Selatan)

Mailal Mulyana, 210202131 (2025) Penerapan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen di MAN 2 Aceh Selatan). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara] Text (Penerapan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara)
SKRIPSI 45 CETAK 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara] Text (Penerapan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara)
SKRIPSI 45 CETAK 2 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di MAN 2 Aceh Selatan kelas X Peneliti menemukan bahwa siswa merasa kesulitan berbicara dalam bahasa Arab dan juga mereka merasa tidak tertarik dengan pembelajaran bahasa Arab. Karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab, sehingga siswa cenderung merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar. Untuk Mengatasi Masalah ini, peneliti ingin menggunakan media Fun Thinkers Book untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media Fun Thinkers Book untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa saat proses pembelajaran dalam menggunakan media Fun Thinkers Book. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 2 Aceh Selatan dan sampel penelitian ini adalah 15 siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen, di kelas eksperimen menggunakan media Fun Thinkers Book dalam pembelajaran, sedangkan 15 siswa kelas X1 sebagai kelas kontrol yang melakukan pembelajaran tanpa media Fun Thinkers Book. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa penelitian eksperimen One Group Pre-Test Post-Test Desain dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji non parametrick, uji homogenitas dan uji sampel t test yang dihitung dengan menggunakan bantuan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan (1). Hasil analisis uji sampel t test pada data posttes diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 dengan nilai 57.50. Sehingga dapat diketahui bahwa sig (2-tailed) 0,000 < α = 0,005 yang artinya rata-rata kelas eksperimen tidak sama dengan rata-rata kelas kontrol. (2) Hasil analisis data obserasi siswa di kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 97,22 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 94,44. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar aspek psikomotor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak maka media Fun Thinkers Book efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada kelas X2 MAN 2 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mailal Mulyana
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:06
Last Modified: 09 Sep 2025 08:06
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46584

Actions (login required)

View Item
View Item