Farchan Alaziz, 210209190 (2025) Penerapan Model STAD Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Farchan Alaziz.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
Farchan Alaziz - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi penelitian di MIN 10 Aceh Besar, ditemukan kendala-kendala dalam proses pembelajaran dimana banyak siswa yang kurang tertarik untuk belajar, karena menganggap pembelajaran matematika sulit untuk dipahami sehingga mengakibatkan siswa tidak aktif saat belajar dan mengakibatkan hasil belajarnya rendah. kesulitan dalam memahami pelajaran terjadi saat proses pembelajaran berlangsung dikarenakan kurang menariknya membuat siswa bosan dan enggan mendengarkan penjelasan oleh guru. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunkan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model STAD dengan menggunakan aplikasi Canva. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data hasil tes dianalisis berdasarkan nilai KKTP yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan presentase 65,62% kategori cukup, siklus II 78,12% kategori baik dan meningkat pada siklus III yaitu 89,06% kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 59,37% kategori cukup, siklus II 75% kategori baik dan pada siklus III meningkat menjadi 81,25% katagori sangat baik. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 15,15% dan siklus II mengalami peningkatan namun masih belum tuntas dengan persentase 66,66%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus III meningkat menjadi 87,87% sehingga hasil belajar siswa sudah tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD dengan menggunakan aplikasi Canva dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada kelas V MIN 10Aceh Besar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model STAD,Aplikasi Canva, Hasil Belajar |
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Farchan Alaziz |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:51 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 02:51 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46590 |
