Feby walianda, 210202127 (2025) Penggunaan Aplikasi Alif Bee Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa Di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
scripsi_feby_walianda_sidang (4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi Alif Bee dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa di MIN 20 Aceh Besar dalam penulisan huruf hijaiyah. Metode penelitian menggunakan desain pre-eksperimen dengan pendekatan one-group pretest-posttest, melibatkan 22 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir, kemudian dianalisis menggunakan SPSS dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa, dengan nilai rata-rata posttest (81,78) lebih tinggi dibandingkan pretest (49,52). Analisis statistik membuktikan efektivitas Alif Bee dengan nilai signifikansi (0,000) di bawah 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa fitur interaktif Alif Bee, seperti latihan pengucapan, permainan kosakata, dan umpan balik instan, berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab. Penelitian merekomendasikan integrasi alat digital serupa ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab, khususnya di sekolah dengan fasilitas teknologi yang memadai.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Feby Walianda |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:21 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 08:21 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46674 |
