Analisis Pemanfaatan E-Journal Dalam Pemenuhan Informasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bina Bangsa Getsempena

Syifa Nabila Heriansyah Putri, 210503087 (2025) Analisis Pemanfaatan E-Journal Dalam Pemenuhan Informasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bina Bangsa Getsempena. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pemanfaatan E-Journal Dalam Pemenuhan Informasi] Text (Analisis Pemanfaatan E-Journal Dalam Pemenuhan Informasi)
SKRIPSI CETAK SYIFA NABILA (FIX).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Analisis Pemanfaatan E-Journal Dalam Pemenuhan Informasi] Text (Analisis Pemanfaatan E-Journal Dalam Pemenuhan Informasi)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian didasari dengan adanya kesenjangan antara akses e-journal yang disedikan dengan pemanfaatannya oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai alat pencarian utama dalam mengakses informasi ilmiah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah seberapa jauh tingkat pemanfaatan e-journal dalam pemenuhan informasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggri Universitas Bina Bangsa Getsempena Aceh (UBBG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan e-journal dapat memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di UBBG, penelitian ini berfokus pada tingkat pemanfaatan e-journal oleh mahasiswa dalam memanfaatkan e-journal sebagai sumber informasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yakni penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu oleh peneliti terhadap populasi yang memenuhi kriteria. Sampel penelitian terdiri dari 53 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UBBG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan e-journal berada pada kategori “sering” dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 2,89, nilai rerata tersebut berada dalam interval 2,52–3,27 Penilaian ini mencakup lima aspek TAM, yaitu Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), Attitude Toward Using (ATU), Behavioral Intention to Use (BI), dan Actual Use (AU). Temuan ini mengindikasikan bahwa e-journal memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi dan aktivitas akademik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Syifa Nabila Heriansyah Putri
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:01
Last Modified: 29 Jul 2025 08:01
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46679

Actions (login required)

View Item
View Item