Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Teamwork Di MIN 20 Aceh Besar

Hikmah Mardyanto Putra Sekedang, 210206104 (2025) Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Teamwork Di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang strategi kepemimpinan dan teamwork] Text (Membahas tentang strategi kepemimpinan dan teamwork)
hikmah mardyanto putra sekedang, FTK, MPI, cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Membahas tentang strategi kepemimpinan dan teamwork] Text (Membahas tentang strategi kepemimpinan dan teamwork)
Hikmah Mardyanto Putra Sekedang, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan lembaga pendidikan, salah satunya melalui pengelolaan teamwork yang efektif. Teamwork yang solid mendukung terciptanya lingkungan kerja yang sinergis, meningkatkan kualitas layanan pendidikan, dan memperkuat pencapaian visi serta misi madrasah. Namun, pengelolaan teamwork sering kali menghadapi berbagai tantangan seperti pembagian tugas yang tidak merata, komunikasi yang kurang efektif, dan rendahnya rasa tanggung jawab antaranggota tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam pembagian tugas serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pengelolaan teamwork di MIN 20 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, koordinator bidang, tenaga administrasi, dan beberapa guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menerapkan strategi kepemimpinan melalui perencanaan yang matang, pelibatan anggota tim dalam pengambilan keputusan, pembagian tugas berdasarkan kompetensi, serta pelimpahan wewenang yang jelas. Selain itu, monitoring dan evaluasi rutin dilakukan untuk memastikan efektivitas teamwork. Kendala yang dihadapi antara lain komitmen sebagian anggota tim yang masih rendah dan keterbatasan keterampilan teknis. Meskipun demikian, kepercayaan antaranggota sudah terbina dengan baik, dan komunikasi yang sempat menjadi hambatan telah diatasi melalui forum musyawarah serta koordinasi rutin. Kepala madrasah mengupayakan peningkatan kinerja tim melalui pelatihan dan pembekalan yang terstruktur guna mengatasi keterbatasan dan memperkuat komitmen kerja sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: hikmah mardyanto putra sekedang
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:46
Last Modified: 31 Jul 2025 08:46
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46798

Actions (login required)

View Item
View Item