Muliani, 210201131 (2025) Implementasi Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Nama-Nama Allah Di Kelas V SD Negeri Sihoum Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
watermark Revisi sidang SKRIPSI Muliani. STAD III siklus..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Proses pembelajaran di kelas V SDN Sihoum terlihat bahwa peserta didik kurang meminati pembelajaran, ini ditandai dengan sikap pasif di kelas, jarang bertanya maupun berpendapat, dan lebih sering berinteraksi dengan teman daripada memperhatikan pembelajaran. Dalam pembelajaran guru cenderung didominasi metode ceramah, serta materi yang dianggap sulit dan membosankan oleh peserta didik menyebabkan hasil belajar kurang memuaskan. Upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devision (STAD). Tipe (STAD) adalah model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk bekerja sama, berpikir kritis dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas sehingga memperdalam pemahaman materi dan meningkatkan motivasi melalui sistem penghargaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mrngetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Sihoum pada materi nama-nama Allah melalui implementasi tipe STAD. Teknik pengumpulan data penelitian tindakan kelas ini meliputi observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 80,76%, aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh skor 69,23%. Dan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 25,92%. Adapun pada siklus II dan siklus III menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari
86,84% pada siklus II menjadi 100% pada siklus III. Aktivitas peserta didik juga meningkat dari 73,68% pada sikus II menjadi 96.05% pada siklus III. Dan pada hasil belajar peserta didik juga terjadi peningkatan, yaitu dari 59,25% pada siklus II menjadi 91,66% pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi Tipe STAD terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas V SDN Sihoum.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muliani Muliani |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:05 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 03:05 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46827 |
