Penggunaan metode Group Investigation Menggunakan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di Trumon, Aceh Selatan

Intan Ardiana, 200202184 (2025) Penggunaan metode Group Investigation Menggunakan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di Trumon, Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Penggunaan metode Group Investigation] Text (Penggunaan metode Group Investigation)
Intan Ardiana, 200202184, FTK, PBA..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of Penggunaan metode Group Investigation] Text (Penggunaan metode Group Investigation)
Cover- BAB I Intan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas satu kurang memahami bahasa Arab dengan baik, terutama keterampilan menulis karena tidak ada metode dan media yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Group Investigation dengan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dan untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa ketika menggunakan metode Group Investigation dengan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan eksperimen. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan observasi langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas satu di Ma'had Syaikhuna Trumon, Aceh Selatan yang berjumlah 107 siswa. Sampel untuk penelitian ini adalah 29 siswa dari kelas satu (C). Hasil tes menunjukkan bahwa penggunaan metode Group Investigation dengan media flashcard efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di Ma'had Syaikhuna Trumon, Aceh Selatan, hasil uji-t diperoleh nilai 0,000, yang lebih kecil dari 0,05 dan menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil observasi aktivitas guru sebesar 94,2 %, dan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 95 %

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Intan Ardiana
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:54
Last Modified: 06 Aug 2025 07:54
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46887

Actions (login required)

View Item
View Item