Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas Sebelas Di SMAIT Al-Arabiyah Aceh Besar

Baihaqi, 230202188 (2025) Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas Sebelas Di SMAIT Al-Arabiyah Aceh Besar. Al-Lahjah : Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab dan Kajian Linguistik Arab, 08 (01): 7. pp. 889-899. ISSN 2615-5656

[thumbnail of Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas Sebelas Di SMAIT Al-Arabiyah Aceh Besar] Text (Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas Sebelas Di SMAIT Al-Arabiyah Aceh Besar)
ARTIKEL_BAIHAQI PBA 230202188.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan menulis (maharah kitabah) merupakan salah satu dari empat keterampilan utama dalam pembelajaran bahasa Arab. Untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Arab, hal ini dapat diwujudkan melalui pengajaran insya’. Insya’ merujuk pada praktik menulis dalam bahasa Arab dengan mengungkapkan gagasan atau pemikiran secara terstruktur sesuai dengan kaidah-kaidah gramatikal bahasa Arab.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan linguistik yang dilakukan oleh siswa dalam keterampilan menulis bahasa Arab, dengan fokus pada siswa kelas XI di SMAIT Al-Arabiyah Aceh Besar. Kesalahan yang paling sering ditemukan adalah kesalahan gramatikal, khususnya dalam penggunaan i‘rab dan sharaf. Selain itu, kesalahan dalam kosa kata dan ejaan juga cukup umum terjadi di kalangan siswa.Analisis ini menggunakan pendekatan linguistik untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis-jenis kesalahan yang terjadi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil tes kemudian dianalisis secara deskriptif.Temuan penelitian menunjukkan beberapa jenis kesalahan dalam tulisan insya’ siswa, yaitu: kesalahan nahwu, sharaf, gangguan bahasa (interferensi bahasa), dan kesalahan imla’. Kesalahan gramatikal merupakan jenis kesalahan yang paling dominan ditemukan dalam tulisan insya’ siswa dibandingkan jenis kesalahan lainnya. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan penguasaan siswa terhadap nahwu dan sharaf dalam pembelajaran insya’ guna meminimalkan kesalahan dalam menulis.

Item Type: Article
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Baihaqi Baihaqi
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:23
Last Modified: 06 Aug 2025 01:23
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46925

Actions (login required)

View Item
View Item