Tathwir Maddah Al-Mufradat Litarqiyati Maharati Al-Qira'ati bi Wasilati Lu'bati Rabthi Al-Maqati' Litalamiz As-Shafi As-Sabi' bi MTs Ahlul Qur'an

Liza Fairouz, 231004004 (2025) Tathwir Maddah Al-Mufradat Litarqiyati Maharati Al-Qira'ati bi Wasilati Lu'bati Rabthi Al-Maqati' Litalamiz As-Shafi As-Sabi' bi MTs Ahlul Qur'an. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan Bahasa Arab] Text (Membahas tentang Pendidikan Bahasa Arab)
THESIS cover-bab 1_LIZA FAIROUZ.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan Bahasa Arab] Text (Membahas tentang Pendidikan Bahasa Arab)
THESIS_LIZA FAIROUZ_231004004.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa Arab yang erat kaitannya dengan penguasaan kosakata. Berdasarkan observasi awal di kelas VII MTs Ahlul Qur’an, ditemukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami makna kosakata. Ketika menyetorkan hafalan, mereka kerap keliru dalam mengartikan kata—misalnya, kata "mustasyfa" yang berarti "rumah sakit" justru diartikan sebagai "pasar". Hal ini menunjukkan lemahnya penguasaan makna kosakata dalam konteks yang benar. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan materi pengajaran kosakata guna meningkatkan keterampilan membaca melalui permainan menyambung suku kata yang bersifat aktif, menyenangkan, dan mendorong keterlibatan siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 15 siswa kelas VII MTs Ahlul Qur’an dan menggunakan desain pre-eksperimental (one group pretest-posttest).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam membantu siswa memahami dan mengingat kosakata serta meningkatkan keterampilan membaca. Nilai “t” hitung sebesar 15,38 lebih tinggi dari nilai tabel 1,70, menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Selain itu, hasil validasi ahli menunjukkan persentase kelayakan sebesar 94,5% yang menunjukkan bahwa media ini layak digunakan tanpa perlu revisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Liza Fairouz
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:37
Last Modified: 06 Aug 2025 04:37
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46931

Actions (login required)

View Item
View Item