Pengembangan Buku Ajar “Bahasa Arab” Tingkat Menengah dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa (Studi Penelitian dan Pengembangan di MAN 6 Aceh Besar)

Ema Safitri, 231004001 (2025) Pengembangan Buku Ajar “Bahasa Arab” Tingkat Menengah dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa (Studi Penelitian dan Pengembangan di MAN 6 Aceh Besar). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pendidikan Bahasa Arab] Text (Membahas tentang pendidikan Bahasa Arab)
Thesis Ema Safitri Cover- bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (811kB)
[thumbnail of Membahasa tentang Pendidikan Bahasa Arab] Text (Membahasa tentang Pendidikan Bahasa Arab)
Thesis Ema Safitri Bab 1-5 .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti dengan siswa dan guru bahasa Arab di MAN 6 Aceh Besar, peneliti menemukan bahwa siswa di tingkat menengah mengalami kesulitan dalam memahami pemahaman bacaan bahasa Arab, karena bahan ajar dan metode pengajaran yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Bahasa Arab untuk tingkat menengah dengan lembar kerja berdasarkan pendekatan kognitif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, efektifitas dan responsivitas. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua. Sampel penelitian dipilih dari siswa kelas dua (A) 21 siswa, dan alat penelitian yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan tes. Adapun hasil dari penelitian ini, peneliti menggunakan lima langkah pengembangan dari model ADDIE. Peneliti juga mempresentasikan LKPD yang dikembangkan kepada dua orang ahli khusus untuk menghasilkan setelah dilakukan penilaian oleh para ahli terhadap produk yang dikembangkan, penilaian kevalidan yang dilakukan oleh para ahli terhadap produk yang dikembangkan mendapatkan hasil 87%. Hasil pre-test dan post-test siswa pada hasil tes t-hitung sebesar 10,63, sedangkan nilai t-tabel sebesar 1,70, dan karena nilai hitung lebih besar dari nilai teoritis, yaitu produksi pendidikan yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pembelajaran membaca. Melalui hasil respon siswa, dan persentase yang baik sebesar 95,17%, hal ini menunjukkan bahwa metode pendidikan yang dikembangkan berhasil dan cocok untuk dikembangkan, dan berkontribusi untuk meningkatkan kecenderungan dan pemahaman siswa, serta memfasilitasi mereka untuk mempelajari buku teks dengan cara yang sangat baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ema Safitri
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:15
Last Modified: 06 Aug 2025 04:15
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46944

Actions (login required)

View Item
View Item