Implementasi Instagram Ads Sebagai Alat Promosi Untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan Akun Bisnis Kreatif

Muhammad Hafidh Fuddian, 210705081 (2025) Implementasi Instagram Ads Sebagai Alat Promosi Untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan Akun Bisnis Kreatif. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang penggunaan Instagram Ads Sebagai Alat Promosi Untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan Akun Bisnis Kreatif] Text (Tentang penggunaan Instagram Ads Sebagai Alat Promosi Untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan Akun Bisnis Kreatif)
MUHAMMAD HAFIDH FUDDIAN_210705081_FST_TI_SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Tentang penggunaan Instagram Ads Sebagai Alat Promosi Untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan Akun Bisnis Kreatif] Text (Tentang penggunaan Instagram Ads Sebagai Alat Promosi Untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan Akun Bisnis Kreatif)
MUHAMMAD HAFIDH FUDDIAN_210705081_FST_TI_BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan pemasaran digital menuntut bisnis kreatif untuk mengadopsi strategi promosi yang efektif di tengah persaingan ketat dan batasan jangkauan organik media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi Instagram Ads sebagai alat promosi untuk meningkatkan engagement dan penjualan pada akun bisnis kreatif Fuddian_Production. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen (sebelum-sesudah). Pengumpulan data dilakukan melalui Instagram Insights dan catatan transaksi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif serta menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test dan Uji Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram Ads secara signifikan efektif dalam meningkatkan engagement (p = .043), dengan lonjakan jangkauan akun mencapai +2.094,3% dan aktivitas profil sebesar +415,0%. Secara deskriptif, kampanye iklan juga berhasil mengakselerasi penjualan dari 2 transaksi dalam 90 hari menjadi 4 transaksi dalam 8 hari. Namun, analisis korelasi menunjukkan tidak ada hubungan statistik yang signifikan antara engagement dan penjualan (p > .05), yang mengindikasikan bahwa engagement tinggi tidak secara langsung menjadi prediktor penjualan dalam jangka pendek. Keberhasilan kampanye lebih ditentukan oleh strategi konten multifaset yang selaras dengan tahapan marketing funnel. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram Ads adalah alat yang sangat kuat untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi, namun untuk mendorong penjualan, diperlukan strategi konten yang terdiferensiasi dan pemahaman metrik yang lebih berorientasi pada konversi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Hafidh Fuddian
Date Deposited: 07 Aug 2025 08:50
Last Modified: 22 Nov 2025 07:53
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47110

Actions (login required)

View Item
View Item