Ridwan, 200202154 (2025) Penerapan Pelajaran Tambahan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Satu Tingkat Menengah Di Pesantren Tgk. Chiek Oemar Diyan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ridwan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Ridwan - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan pertama, peneliti menemukan bahwa di Ma’had Tgk. Chiek Oemar Diyan melaksanakan program pelajaran tambahan untuk siswa kelas satu tingkat menengah. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif analitis. Peneliti melakukan observasi, wawancara, angket, serta tes awal dan tes akhir sebagai metode pengumpulan data. Pelaksanaan pelajaran tambahan berjalan dengan baik; para guru mempersiapkan bahan ajar sebelum pelajaran, menggunakan buku yang sesuai, serta metode pengajaran langsung, dan memberikan tes. Respons siswa kelas satu tingkat menengah terhadap pelaksanaan pelajaran tambahan untuk meningkatkan keterampilan berbicara sangat positif, di mana 97% dari mereka merasa bahwa pelajaran tambahan membantu mereka dalam belajar bahasa Arab dan mendorong mereka untuk berbicara menggunakan bahasa tersebut.
Pelaksanaan pelajaran tambahan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas satu tingkat menengah, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil uji-t dengan tingkat signifikansi di mana nilai T-test sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Ini menunjukkan bahwa pelajaran tambahan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas satu di Ma’had Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Ridwan Ridwan |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:42 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 04:42 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47402 |
