Problematika Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui (E-Learning): Sebuah Studi Deskriptif-Analitis di Universitas Islam Negeri Banda Aceh

Naura Khalisah, 180202203 (2024) Problematika Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui (E-Learning): Sebuah Studi Deskriptif-Analitis di Universitas Islam Negeri Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Musykilaatu al-thulabi fi ta'limi al-lughati al-'arabiyati biwasithati (e-learning) ( bi jami'ati Ar-Raniry Al-Islaamiyati Al-Hukumiyyati Banda Aceh)] Text (Musykilaatu al-thulabi fi ta'limi al-lughati al-'arabiyati biwasithati (e-learning) ( bi jami'ati Ar-Raniry Al-Islaamiyati Al-Hukumiyyati Banda Aceh))
Naura Khalisah, 180202203, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Musykilaatu al-thulabi fi ta'limi al-lughati al-'arabiyati biwasithati (e-learning) ( bi jami'ati Ar-Raniry Al-Islaamiyati Al-Hukumiyyati Banda Aceh)] Text (Musykilaatu al-thulabi fi ta'limi al-lughati al-'arabiyati biwasithati (e-learning) ( bi jami'ati Ar-Raniry Al-Islaamiyati Al-Hukumiyyati Banda Aceh))
Naura Khalisah, 180202203, FTK, PBA, cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah yang muncul dalam penerapan pembelajaran elektronik di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, serta upaya-upaya untuk menyelesaikan kesulitan-kesulitan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analitis berdasarkan penelitian kualitatif. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh untuk tahun akademik 0832/0808 menjadi sumber data dalam penelitian ini, yang terdiri dari satu dosen bahasa Arab dan 08 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar bahasa Arab melalui pembelajaran elektronik meliputi kesulitan dalam memahami pelajaran, pembelajaran elektronik yang membosankan, kurang fokus saat belajar, koneksi internet yang buruk, ketidakmampuan untuk bertanya langsung kepada guru atau teman, dan ketidaknyamanan selama pembelajaran elektronik karena berbagai gangguan di rumah. Upaya untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ini meliputi melakukan perbaikan ketika hasilnya tidak mencukupi atau di bawah maksimal dengan melakukan pengujian ulang, mengulang penjelasan materi, dan memberikan motivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Naurah Khalisah
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:11
Last Modified: 14 Aug 2025 04:23
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47437

Actions (login required)

View Item
View Item