Strategi Guru Dalam Pembinaan Sikap Disiplin Siswa Kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar

Farid Gunawan, 210209059 (2025) Strategi Guru Dalam Pembinaan Sikap Disiplin Siswa Kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Pembinaan Sikap Disiplin Siswa Kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar] Text (Strategi Guru Dalam Pembinaan Sikap Disiplin Siswa Kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar)
skripsi farid Gunawan Final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Strategi Guru Dalam Pembinaan Sikap Disiplin Siswa Kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar] Text (Strategi Guru Dalam Pembinaan Sikap Disiplin Siswa Kelas IV SDN Leupung 26 Aceh Besar)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Disiplin Merupakan kepatuhan seseorang untuk menghormati dan melaksanakan suatu peraturan. Penanaman sikap disiplin pada siswa sekolah dasar merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan keberhasilan belajar. Berdasarkan hasil observasi tentang perilaku disiplin siswa SDN Leupung 26, terdapat beberapa siswa yang terlambat datang ke sekolah, memakai atribut seragam kurang lengkap, berbicara dengan temannya saat proses pembelajaran dan membuang sampah tidak pada tempatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam Pembinaan Disiplin waktu, disiplin perbuatan, dan disiplin belajar siswa dan kendala yang dihadapi guru dalam Pembinaan Disiplin waktu, disiplin perbuatan, dan disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam Penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru gelas 4 dan kepala sekolah. Hasil dari penelitian guru menerapkan berbagai strategi pembinaan, antara lain melalui Keteladanan, pembiasaan posistif, komunikasi efektif, serta pemberian penghargaan dan sanksi edukatif. Kendala yang dihadapi guru seperti kurangnya perhatian orang tua, pengaruh lingkungan sekitar tidak mendukung, dan rendahnya kesadaran siswa terhadap aturan sekolah. Oleh karena itu, sinergi antara sekolah dan keluarga sangat diperlukan guna menciptakan konsistensi pembinaan disiplin di berbagai lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Gunawan
Date Deposited: 13 Aug 2025 05:14
Last Modified: 13 Aug 2025 05:14
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47478

Actions (login required)

View Item
View Item