Penggunaan Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Belajar Bahasa Arab Di SDIK Nurul Quran Lampeuneurut Aceh Besar

Zahratul Mahfudhah, 210202130 (2025) Penggunaan Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Belajar Bahasa Arab Di SDIK Nurul Quran Lampeuneurut Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Flipped Classroom] Text (Membahas tentang Penggunaan Flipped Classroom)
Zahratul Mahfudhah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Flipped Classroom] Text (Membahas tentang Penggunaan Flipped Classroom)
Zahratul Mahfudhah - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan di sekolah SDIK Nurul Quran Lampeuneurut Aceh Besar pada kelas lima, setelah peneliti melakukan penelitian dalam pembelajaran bahasa Arab Guru masih menggunakan metode tradisional dan guru hanya menggunakan buku dan papan tulis untuk mengajar siswa, guru menjelaskan materi dan kemudian mengulangi kosakata dan memberi mereka tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi keefektifan penerapan model Flipped Classroom untuk meningkatkan belajar bahasa Arab dalam kosakata dan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap model pengajaran ini. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan quasi eksperimental dengan jenis Nonquivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket, dan peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dengan menggunakan SPSS 25. Angket yang digunakan menggunakan jenis skala likert, dan hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah bahwa penerapan model Flipped Classroom efektif untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Arab pada materi kosa kata. Dan Pada Uji Independent Samples Test diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,004 Karena nilai tersebut lebih kecil dari sig (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped Classroom pada kelas eksperimen memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas kontrol. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zahratul Mahfudhah
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:28
Last Modified: 13 Aug 2025 08:28
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47484

Actions (login required)

View Item
View Item