Aqil Syukran, 210201065 (2025) Penerapan Metode Drill Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Materi Hafalan Doa Shalat SD Negeri 8 Simeulue Timur. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Skripsi_Aqil_Syukrann NEW FIX DONE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 8 Simeulue Timur dalam menghafal doa-doa shalat. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh dominasi metode ceramah dengan porsi yang lebih besar, kurangnya peran orang tua dalam proses belajar anak, dan keterbatasan alokasi waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hal ini, diterapkan metode drill sebagai solusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung melalui penerapan metode tersebut, (2) bagaimana aktivitas mengajar guru, dan (3) bagaimana aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan efektivitas proses pembelajaran dengan metode drill. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 71,6 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 64%, aktivitas guru mencapai
77,08%, dan aktivitas siswa sebesar 65%. Kemudian pada proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus II, setelah dilakukan perbaikan, nilai rata-rata meningkat menjadi 77,06 dengan ketuntasan belajar 88%, aktivitas guru meningkat menjadi 87,5%, dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan perolehan nilai 87,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode drill berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hafalan doa shalat.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Aqil Syukran |
| Date Deposited: | 13 Aug 2025 08:02 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 08:02 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47486 |
