Ammar Ismail, 211004019 (2025) Tathwiru Kitabi Matni Al-Ajurumiyati Bi Waraqah Al-'Amal 'Ala Asasi Thariqati At-Tadribati Fii Tadrisi An-Nahwi (Dirasatu Al-Bahtsi wa At-Tathwiru bi Ma'hadi Darul Fikri Aceh Besar). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ammar Ismail, 211004019, PBA, Pascasarjana Cover - Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (820kB)
Ammar Ismail, 211004029, PBA, Pascasarjana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Ilmu nahwu merupakan salah satu cabang terpenting dalam bahasa Arab dan memerlukan metode pengajaran yang tepat agar mudah dipahami dan dikuasai oleh peserta didik. Di Ma'had Dar al-Fikr (Aceh Besar), pembelajaran nahwu dilaksanakan menggunakan Matn al-Ājurrūmiyyah, salah satu kitab dasar yang banyak digunakan di berbagai lembaga pendidikan Islam. Namun, dalam proses pembelajaran, ditemukan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai kaidah-kaidah nahwu. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: guru hanya fokus pada penjelasan isi kitab tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai, kurangnya contoh-contoh aplikatif, serta minimnya latihan dan aktivitas yang dapat membantu siswa memahami materi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Matn al-Ājurrūmiyyah berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan pendekatan metode latihan dalam pembelajaran nahwu di Ma'had Dar al-Fikr (Aceh Besar). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi dari dua orang ahli menunjukkan nilai 72,5 dan 77,5 dengan rata-rata 75, yang menunjukkan kategori “Jayyid Jiddan” (Baik Sekali), sehingga produk ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan beberapa revisi sesuai masukan validator. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai p = 83,5, yang berada dalam kategori “Mumtaz” (Istimewa), menunjukkan bahwa pengembangan produk ini sesuai dengan prinsip dan standar pembelajaran yang efektif. Nilai p = 80 juga berada dalam kategori yang sama, meskipun masih ada beberapa aktivitas yang perlu diperbaiki. Adapun hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung = 6,72, lebih besar dari t-tabel 2,05 (pada taraf signifikansi 5%) dan 2,77 (pada taraf signifikansi 1%), sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, penggunaan Kitab Matn al-Ājurrūmiyyah berbasis lembar kerja berbasis metode latihan terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran nahwu.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Ammar Ismail |
| Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:56 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 08:56 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47600 |
