Analisis Pengaruh Lingkungan Kampus Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung Mahasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) Di Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nurrayyan, 200603077 (2025) Analisis Pengaruh Lingkungan Kampus Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung Mahasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) Di Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang analisis pengaruh lingkungan kampus dan pengetahuan produk terhadap minat menabung mahasiswa kip] Text (membahas tentang analisis pengaruh lingkungan kampus dan pengetahuan produk terhadap minat menabung mahasiswa kip)
SKRIPSI NURRAYYAN 200603077 FEBI, PS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of membahas tentang analisis pengaruh lingkungan kampus dan pengetahuan produk terhadap minat menabung mahasiswa kip] Text (membahas tentang analisis pengaruh lingkungan kampus dan pengetahuan produk terhadap minat menabung mahasiswa kip)
SKRIPSI NURRAYYAN 200603077 FEBI, PS Cover-Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Minat menabung di kalangan mahasiswa memiliki peranan penting dalam membentuk kebiasaan keuangan yang baik. Mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah kelompok yang dihadapkan pada peluang dan tantangan berbeda dalam hal pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat menabung mahasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) dapat dipengaruhi oleh lingkungan kampus dan tingkat pengetahuan produk Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan. Lingkungan Kampus (X1): Nilai t hitung sebesar 2.352 lebih besar dari t tabel 1.660 dengan signifikansi 0.002. Pengetahuan Produk (X2): Nilai t hitung sebesar 6.724 lebih besar dari t tabel 1.660 dengan signifikansi 0.004. Ini menunjukkan bahwa pengetahuan produk secara parsial berpengaruh signifikan. Hasil pengujian secara Simultan Minat Menabung (Y): Nilai F hitung sebesar 23.380 lebih besar dari F tabel 2.700 dengan signifikansi 0.003. Hasil ini mengindikasikan bahwa kombinasi dari kedua variabel tersebut mampu mempengaruhi minat menabung secara bersama-sama dan signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Nurrayyan Nurrayyan
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:02
Last Modified: 19 Aug 2025 03:02
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47650

Actions (login required)

View Item
View Item