Pengaruh Perilaku Dan Minat Beli Pada Pola Konsumsi Islami (Studi Pada Produk E-Commerce Socolatte)

Mukhlisa, 210603005 (2025) Pengaruh Perilaku Dan Minat Beli Pada Pola Konsumsi Islami (Studi Pada Produk E-Commerce Socolatte). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perilaku Konsumen, Minat Beli, Pola Konsumsi Islami, E- commerce, Socolatte] Text (Perilaku Konsumen, Minat Beli, Pola Konsumsi Islami, E- commerce, Socolatte)
Mukhlisa, 210603005, FEBI, PS, 085277559414.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Perilaku Konsumen, Minat Beli, Pola Konsumsi Islami, E- commerce, Socolatte] Text (Perilaku Konsumen, Minat Beli, Pola Konsumsi Islami, E- commerce, Socolatte)
Mukhlisa, 210603005, FEBI, PS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen dan minat beli terhadap pola konsumsi Islami pada produk e-commerce Socolatte. Pertumbuhan pesat e-commerce di Indonesia, khususnya melalui platform Shopee, diiringi oleh meningkatnya kesadaran konsumen Muslim terhadap pentingnya konsumsi sesuai syariah. Studi ini berupatujuan untuk memahami bagaimana keputusan pembelian online tidak hanya dipengaruhi oleh faktor konvensional, tetapi juga oleh prinsip- prinsip konsumsi Islami di kalangan konsumen produk Socolatte. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 100 responden konsumen Socolatte yang berbelanja melalui e- commerce Shopee. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi Islami (t-hitung = 2.708; Sig. = 0.008), dan minat beli juga berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi Islami (t-hitung = 5.264; Sig. = 0.000). Secara simultan, perilaku konsumen dan minat beli bersama- sama memiliki pengaruh yang signifikan dan kuat (R-square = 0.802) terhadap pola konsumsi Islami. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemahaman perilaku dan stimulasi minat beli yang selaras dengan nilai- nilai syariah sangat esensial bagi produsen dan platform e-commerce dalam membentuk pola konsumsi yang Islami di era digital

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Mukhlisa Mukhlisa
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:39
Last Modified: 20 Aug 2025 04:39
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47875

Actions (login required)

View Item
View Item