Penerapan Kitab Silsilah Ta’liimul Lughah Al-‘Arabiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh)

Rahmat Jeda, 200202062 (2025) Penerapan Kitab Silsilah Ta’liimul Lughah Al-‘Arabiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Kitab Silsilah Ta’liimul Lughah Al-‘Arabiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh)] Text (Penerapan Kitab Silsilah Ta’liimul Lughah Al-‘Arabiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh))
skripsi final chapter2 pdf full item.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Penerapan Kitab Silsilah Ta’liimul Lughah Al-‘Arabiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh)] Text (Penerapan Kitab Silsilah Ta’liimul Lughah Al-‘Arabiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh))
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh peneliti menemukan bahwa siswa merasa kesulitan dalam berbicara menggunakan bahasa Arab di depan kelas maupun bersama temannya dan juga mereka masih takut salah dalam pengucapan, dan juga sebagian dari mereka merupakan lulusan dari sekolah dasar umum. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti ingin menerapkan buku Silsilah Ta’liimul Lhughah Al-Arabiyah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan buku Silsilah Ta’liimul Lhughah Al-Arabiyah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan buku Silsilah Ta’liimul Lhughah Al-Arabiyah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Desain. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan pre-test dan post-test dan juga angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pre-test dan post-test adalah dengan tingkat signifikan (Asymp.Sig. 2 Tailed) 0,000 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa penerapan Silsilah Ta’liimul Lhughah Al-Arabiyah dalam keterampilan berbicara itu efektif. Dan adapun hasil angket respon siswa dengan menerapkan Silsilah Ta’liimul Lhughah Al-Arabiyah memperoleh nilai sangat baik yang hasilnya mencapai 96%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rahmat Jeda
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:28
Last Modified: 20 Aug 2025 04:28
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47885

Actions (login required)

View Item
View Item