Dhiyata Nabil Shabira, 210209047 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V SDN 54 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Skripsi Dhiyata Nabil Shabira (210209047)docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (17MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti di SDN 54 Banda Aceh, ditemukan permasalahan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah dan belum mencapai nilai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah ditetapkan pada pembelajaran IPAS. Salah satu model pembelajaran yang dianggap efektif adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media diorama. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran koperatif tipe talking stick berbantuan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 54 Banda Aceh (2) menganalisis aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran koperatif tipe talking stick berbantuan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 54 Banda Aceh (3) menganalisis peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 54 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 32 orang. KKTP yang ditetapkan 74 dengan ketuntasan klasikal 80%. (1) Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 71,30%, kemudian pada siklus II menjadi 92,17% (2) Hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 69,10% kemudian pada siklus II menjadi 90,90% (3) hasil belajar siswa siklus I memperoleh persentase sebesar 62,50% kemudian pada siklus II menjadi 87,5%, dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media diorama dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Dhiyata Nabil Shabira |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:06 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 08:06 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48057 |
