Hafiz Al Ahzan, 231004015 (2025) Pengembangan Buku Ajar Dengan LKPD Menggunakan Thariqah Structure Exercise Method(SEM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Kitabah Siswa Di MTs Al-Furqan Bireuen. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Hafiz Al Ahzan, 231004015, PASCA, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Hafiz Al Ahzan, 231004015, PASCA, PBA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Cover - BAB I Hafiz.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas II "C" MTs Al-Furqan Bireuen, beberapa siswa di kelas tersebut belum mampu menulis bahasa Arab dengan benar. Mereka kesulitan dalam menyambung dan memisahkan huruf-huruf Arab secara lengkap. Banyak siswa juga menghadapi kesulitan dalam menulis
huruf-huruf yang memiliki bunyi serupa. Berdasarkan masalah ini, peneliti ingin mengatasinya dengan mengembangkan buku ajar dengan LKPD berbasis Structure Exercise Method untuk meningkatkan kemampuan menulis. Tujuan penelitian ini ada dua:
Mengetahui cara pengembangan buku ajar dengan LKPD berbasis Structure Exercise Method(SEM) untuk meningkatkan kemampuan menulis, dan untuk mengetahui efektivitas penerapannya. Peneliti
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Sampel penelitian ش diambil dari kelas II "C" dengan jumlah 35 siswa. Instrumen penelitian meliputi validasi ahli, pre-test, dan post-test. Hasil penelitian: Berdasarkan validasi ahli, diperoleh hasil 96,25% dengan kategori "Sangat Layak". Dan penerapan buku ajar yang dikembangkan dengan LKPD berbasis SEM efektif meningkatkan kemampuan menulis. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test yang menunjukkan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,000, lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Hafiz Al Ahzan |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:49 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:49 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48389 |
