Strategi Kepala Sekolah Dalam Penyelesaian Problematika Guru di SMP IT Daruzzahidin Aceh Besar

Putri Rahilla, 21020607 (2025) Strategi Kepala Sekolah Dalam Penyelesaian Problematika Guru di SMP IT Daruzzahidin Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi, Kepala Sekolah, Problematika, Guru] Text (Strategi, Kepala Sekolah, Problematika, Guru)
SKRIPSI PUTRI RAHILLA 210206047 COVER - BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Strategi, Kepala Sekolah, Problematika, Guru] Text (Strategi, Kepala Sekolah, Problematika, Guru)
SKRIPSI PUTRI RAHILLA 210206047 FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Problematika merupakan hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Fokus utamanya adalah kepala sekolah merencanakan, melaksanakan, serta menghadapi kendala dalam menangani tantangan yang dialami guru, seperti kesulitan dalam pembelajaran, keterbatasan waktu, serta kendala penggunaan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam penyelesaian problrmatika guru di SMP IT Daruzzahidin Aceh Besar serta kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menyelesaikan problematika guru di SMP IT Daruzzahidin Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menyusun perencanaan strategis melalui identifikasi permasalahan guru dan penyusunan program peningkatan kompetensi. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah mengedepankan komunikasi terbuka dan pelibatan guru dalam penyelesaian masalah. Kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan sarana prasarana dan waktu yang sempit. Untuk mengatasi kendala tersebut, kepala sekolah menerapkan pendekatan partisipatif, pengawasan rutin, serta pemberian dukungan emosional. Strategi yang diterapkan tidak hanya berorientasi pada capaian hasil, tetapi memperhatikan kesejahteran guru sebagai faktor penting dalam tercapainya tujuan pendidikan yang optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.2 Tata Usaha Sekolah, Putus Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Rahilla
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:39
Last Modified: 25 Aug 2025 07:39
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48392

Actions (login required)

View Item
View Item