Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas IV SD/MI

Risda Yanti, 210209141 (2025) Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas IV SD/MI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Berbatuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas IV SD/MI] Text (Penerapan Model Discovery Learning Berbatuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas IV SD/MI)
RISDA YANTI - 210209141.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Berbatuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas IV SD/MI] Text (Penerapan Model Discovery Learning Berbatuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas IV SD/MI)
RISDA YANTI - 210209141 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa dalam matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SD Negeri MonsingetAceh Besar. Pembelajaran yang cenderung monoton dengan metode ceramah danminimnya variasi model serta media menyebabkan siswa kurang aktif dan kurangtertarik mengikuti pembelajaran serta berpengaruh pada hasil belajar siswa. Olehkarena itu, dibutuhkan suatu penerapan model pembelajaran yang dapatmeningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang dianggap efektif adalahmodel pembelajaran discovery learning berbantuan media pop up book. Adapuntujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalampembelajaran IPAS menerapkan model discovery learning berbantuan media popup book pada pembelajran IPAS di kelas IV SDN Monsinget Aceh Besar. (2) Untukmengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPAS menerapkan model discoverylearning berbantuan media pop up book di kelas IV SDN Monsinget Aceh Besar.(3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS menerapkanmodel discovery learning berbantuan media pop up book di kelas IV SDNMonsinget Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitiantindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas IV SDN Monsinget sebanyak 16 orang. KKTP ditetapkan 68dan ketuntasan klasikal 75%. Data yang diperoleh melalui observasi dan tes hasilbelajar. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru meningkat dari 72,82%menjadi 92,39%, aktivitas siswa dari 71,73% menjadi 91,30%, dan ketuntasanbelajar dari 56,25% menjadi 93,75%, memenuhi standar ketuntasan klasikal. Jadidapat didimpulkan, penerapan model discovery learning berbantuan media pop upbook terbukti mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajarIPAS siswa kelas IV SDN Monsinget Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risda Yanti
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:18
Last Modified: 25 Aug 2025 07:18
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48403

Actions (login required)

View Item
View Item