Azzahra Rahadatul Aisyi, 210202030 (2025) Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengajaran Keterampilan Menulis (Studi Kasus di MA Insan Qur'ani Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
revisii skripsi aisyi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis siswi di MA Insan Qur'ani Aceh Besar yang masih lemah, terutama dalam penggunaan tata bahasa yang benar, variasi kosakata, penyusunan ide, dan struktur tulisan yang kurang rapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan menulis siswi di MA Insan Qur'ani Aceh Besar, serta melihat bagaimana tanggapan siswi terhadap penerapan metode tersebut. Peneliti menggunakan metode eksperimen dalam pelaksanaan penelitian ini. Data dikumpulkan melalui dua bentuk tes (pretest-posttest) dan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 24 siswi dari kelas 10-F. Hasil tes menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan nilai 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, yang berarti hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Sementara itu, respon siswi terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek juga tergolong positif, dengan persentase sebesar 58%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Azzahra Rahadatul Aisyi |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 01:44 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 01:44 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48457 |
